Konsep Dasar Manajemen


Resume - Mata Kuliah Pengantar Manajemen

Pengertian Manajemen

Manajemen berasal dari bahasa latin, merupakan gabungan dari manus dan agere. Manus berarti tangan, agere berarti melakukan. Manajemen adalah sarana untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien pencapainannya. Menurut James A. F. Stoner dan Charles Wankel, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi, serta menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Unsur-unsur manajemen terdiri dari Man, Money, Materials, Market, Machines, dan Methods (6M).

Fungsi Manajemen 

Menurut G. R. Terry yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Penggerakan), dan Controlling (Kontrol). Sedangkan menurut T. Hani Handoko beberapa alasan dibutuhkannya manajemen antara lain:

  • Tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.
  • Menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang bertentangan.
  • Untuk mencapai tujuan.
  • Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas

Universalitas manajemen (Stephen P. Robbins) merupakan kenyataan bahwa manajemen dibutuhkan dalam semua bentuk dan ukuran organisasi, pada setiap jenjang organisasi, pada semua bidang kerja organisasi, dan di organisasi manapun di seluruh dunia.

Manajemen dibutuhkan di:
  • Semua ukuran organisasi (Keci - Besar)
  • Semua jenjang organisasi (Dasar - Puncak)
  • Semua bidang kerja organisasi (Manufaktur, pemasaran, sumber daya manusia, akuntansi, dll)
  • Semua jenis organisasi (Komersil - Nirlaba)
Manajemen melibatkan aktivitas-aktivitas koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain, sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif (Robbins, 2010). Efisiensi yaitu kemampuan untuk mengerjakan sesuatu dengan benar (doing thing right). Sedangkan efektivitas adalah mengerjakan suatu hal yang tepat atau doing the right thing (Peter F. Drucker). Efisiensi dan efektifitas dalam Man yaitu penggunaan sumber daya dan kesia-siaan pasti.

Manajemen dapat dikatakan sebagai suatu sistem.
Sistem -> Input (6M) -> Proses -> Output 

Manajemen dan Manajer

Manajemen sebagai Ilmu dan Seni
Menurut Luther Gulick manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (sciene) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerjasama bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.

Karakteristik Ilmu:
  • Kebenarannya dipercayakan kepada perolehan akal.
  • Teruji secara empiris.
- Manajemen bukan hanya merupakan ilmu atau seni tetapi kombinasi keduanya.
- Pendekatan ilmiah untuk pembuatan keputusan.
- Pendekatan artistik (seni) dalam aspek perencanaan, kepemimpinan, komunikasi dan segala yang berkaitan dengan unsur manusia.

Manajemen sebagai Profesi
Manajemen sebagai profesi memiliki syarat-syarat yaitu: (1) Ada pendidikan, kursus, dan program latihan formal, (2) Staf profesional diperoleh karena mencapai prestasi kerja tertentu, (3) Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik.

Pengertian Manajer
- Orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahannya dan sumber daya lainnya (T. Hani Handoko).
- Orang yang melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain sehingga sasaran organisasi dapat dicapai (Stephen P. Robbins).
- Orang yang bertanggung jawab atas kerja satu orang atau lebih.

Tingkatan Manajemen
Pada jenjang terbawah, manajer lini pertama (first line manager) mengelola pekerjaan para karyawan non-manajemen (kegiatan produksi barang/jasa). Manajer tingkat menengah (middle manager) adalah mereka yang berada pada posisi di antara jenjang terbawah dan teratas organisasi. Sementara itu, manajer puncak (top manager) yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan-keputusan yang dapat mempengaruhi jalannya seluruh organisasi, menentukan rencana kerja, dan sasaran-sasaran bagi organisasi secara keseluruhan.

Fungsi Manajemen yang Dilakukan Manajer
- Perencanaan (planning) berfungsi mendefinisikan sasaran-sasaran, menetapkan strategi dan mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas-aktivitas. 
- Penataan (organizing) berfungsi untuk menentukan apa yang harus diselesaikan, bagaimana caranya dan siapa yang akan mengerjakannya. 
Kepemimpinan (leading) berfungsi memotivasi, memimpin dan tindakan lain yang melibatkan interaksi dengan orang lain.
- Pengendalian (controlling) berfungsi mengawasi aktivitas-aktivitas demi memastikan segala sesuatunya sesuai rencana.

Keterampilan Manajerial
Keahlian teknis (technical skills) adalah pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan sebuah pekerjaan yang spesifik. Keahlian hubungan antar manusia (human skills) adalah kemampuan bekerjasama secara baik dengan orang lain, baik individu atau kelompok. Keahlian konseptual (conceptual skills) yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami hal-hal (konsep-konsep) yang bersifat abstrak dan kompleks.

Referensi: 
Stephen P. Robbins & Mary Coulter. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#SHARE - EXPERIENCES : English Camp 2015 Part 1

Pria Tua yang Misterius